Powered By Blogger

Jumat, 31 Desember 2010

Simak UI Kembali Dibuka

Simak UI Kembali Dibuka

Jum'at, 31 Desember 2010 - 11:33 wib

Ilustrasi: ist.
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) kembali membuka kesempatan kepada anak bangsa di seluruh Indonesia untuk menempuh studi melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI).

Kepala Humas UI Vishnu Juwono mengatakan, sistem ini terintegrasi dari jenjang pendidikan vokasi (Diploma 3) hingga jenjang pendidikan doktoral. “Simak UI bukanlah jalur mandiri dengan biaya mahal. Biayanya sama dengan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negara (SNMPTN) dan Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB),” kata Vishnu kemarin.
Rencananya, Simak UI akan dilaksanakan serentak pada 3 Juli 2011 di beberapa kota besar di Indonesia dan hasilnya akan diumumkan pada 24 Juli 2010. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui penerimaan.ui.ac.id. Lebih lanjut dia mengemukakan, pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011 UI kembali menerapkan skema pembayaran pendidikan melalui program Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

Melalui skema pembayaran pendidikan ini, calon mahasiswa yang diterima di program sarjana reguler baik itu melalui Simak, PPKB maupun SNMPTN akan membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan finansial orang tua maupun penanggung jawab biaya pendidikan. Sebagai bentuk komitmen UI dalam mendukung sistem pendidikan tinggi yang berkualitas, tahun ini kuota untuk Simak UI ditetapkan minimalis dari total mahasiswa baru yang diterima UI tiap tahunnya dan sisanya diterima melalui seleksi nasional sebesar 60 persen.

Sebagaimana diketahui, Mendiknas M Nuh telah meminta kepada PTN untuk memberikan kuota minimal bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara finansial untuk diterima. (andi setiawan/sindo) (rfa)(//rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar