Powered By Blogger

Jumat, 31 Desember 2010

Software Mobile Learning Buatan Mahasiswa UNY

Software Mobile Learning Buatan Mahasiswa UNY

Jum'at, 10 Desember 2010 - 12:44 wib

Image: corbis.com
JAKARTA - Maraknya penggunaan telepon seluler (ponsel) di kalangan pelajar menggugah banyak pihak menciptakan berbagai aplikasi mobile learning sebagai media pembelajaran yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun dengan biaya yang relatif murah. Aplikasi tersebut diharapkan dapat menekan intensitas penggunaan ponsel sebagai media hiburan semata.

Salah satu yang menaruh perhatian pada tren ini adalah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nova Suparmanto. Dia membuat sebuah inovasi perangkat lunak (software) yang memungkinkan seluruh komponen pendidikan membuat mobile learning sendiri tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman Java untuk perangkat bergerak (mobile). Nova bahkan mengemas temuannya dalam bentuk cakram digital (CD) untuk mempermudah pendistribusiannya.

"Saya berharap aplikasi ini bisa diterapkan di seluruh komponen pendidikan di Indonesia, sehingga bisa memajukan pendidikan di Indonesia," ujar Nova seperti dinukil dari situs UNY, Jumat (10/12/2010).

Inovasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Informatika itu dipaparkan dalam makalah ilmiah bertajuk Mobile Learning Installer (MLI) sebagai Fasilitas dalam Dunia Pendidikan untuk Membuat Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application. Atas penemuan tersebut, Nova pun diganjar anugerah Youth National Science and Technology Award 2010 (YNST 2010).

Dia meraih gelar tersebut bersama empat peneliti muda lainnya. Mereka adalah Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang Zulfikar Syam Bani Ulhaql; Asisten Dosen UB Malang, Boimin; Mahasiswa Kedokteran Universitas Udayana (Unud) Denpasar, I Gede Yuhana Dharma Sasmita; dan Siswa SMA Negeri I Bulukumba A Uswah Hanafi.

YNST adalah festival pemuda berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Festival yang diinisiasi oleh Deputi Iptek Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut merupakan program rintisan untuk mencari dan memberdayakan sosok-sosok pemuda inovatif dan kreatif di bidang iptek.

Ajang yang tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima kalinya tersebut dihelat di Hotel Pitagini, Jakarta, 28-30 November lalu. Selain Nova, FT UNY juga berhasil meloloskan satu tim lainnya sebagai nominator YNST 2010 yaitu tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Elektronika yang digawangi Desi Antoro, Catur Prayogo, dan Rosyida Ramadhani. Karya mereka berjudul Earthquake and Tsunami Warning System di Pesisir Pantai Indonesia dengan Memanfaatkan Gabungan Teknologi Sederhana dan Modern. (rfa)(rhs)
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar