Powered By Blogger

Rabu, 05 Januari 2011

Hasyim Muzadi Buka Pesantren Mahasiswa di Depok

Hasyim Muzadi Buka Pesantren Mahasiswa di Depok

Marieska Harya Virdhani 
Selasa, 4 Januari 2011 - 15:24 wib

Mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi. Foto: Marieska Harya Virdhani-okezone.com
DEPOK - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi segera membuka pendaftaran Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran di Depok pada 9 Januari 2011 mendatang. Sedikitnya akan disaring 40 mahasiswa dengan syarat mutlak hafal 30 juz kitab suci Al Quran dan mendapatkan ijazah SMA.

Tak hanya itu, bahkan Hasyim tengah menyiapkan pembukaan pesantren mahasiswa di Depok yang rencananya akan dibuka pada Oktober-November tahun ini. Dibuka untuk umum, dan menunggu pendaftaran gelombang pertama seleksi masuk SPMB pada Juli -Agustus mendatang.

Hasyim mengatakan khusus untuk pesantren mahasiswa, pihaknya hanya menyaring sekitar 50 mahasiswa. Hasyim menambahkan ilmuwan harus bertanggung jawab kepada masyarakat atas ilmunya baik ilmu normatif maupun teknologi.

"Pesantren itu juga berlaku empat tahun sesuai S1, agar bisa mondok lebih awal, disana nanti akan diberi motivasi agar lebih berprestasi selama kuliah, dan kami akan jadikan mereka agamawan yang tidak hanya mengerti agama," katanya kepada wartawan di Depok, Selasa (04/01/11).

Di dalam pesantren tersebut, kata Hasyim, nantinya juga akan dibuka kursus reguler (short course) yang terdiri dari empat bidang. Yakni Agama, kebangsaan, kewirausahaan, serta informasi dan teknologi.

"Tapi memang kalau pesantren ini agak sulit, karena usia mahasiswa adalah usia sedang bebas, di satu sisi mahasiswa mondok diikuti dua aturan yang bertentangan, kalau mondok diatur norma, tapi di kampus sedang bebas, setelah mondok mereka akan kembali ke kampus," tandasnya.(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar