Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

Ilmuwan Chile Kembangkan Vaksin untuk Alkoholik

Techno - Science


Ilmuwan Chile Kembangkan Vaksin untuk Alkoholik

Jum'at, 7 Januari 2011 - 13:58 wib
<!--div class="ts fr"> text TEXT SIZE :  
Defanie Arianti - Okezone
(foto: Ilustrasi)
SANTIAGO - Sejumlah ilmuwan Chile dikabarkan tengah mengembangkan vaksin untuk menurunkan tingkat kecanduan alkohol. Mereka berharap vaksin itu bisa diujicoba kepada manusia mulai tahun depan.

Terapi genetik itu akan didasarkan pada aldehyde dehydrogenase yakni kelompok enzim yang mencerta alkohol serta bertanggungjawab atas tingkat toleransi alkohol dalam tubuh manusia.

Kepala tim riset di Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika Chile serta lab swasta Recalcine, Dr Juan Asenjo, menjelaskan sekira 20 persen populasi Asia kekurangan enzim aldehyde dehydrogenase, sehingga kerap mengalami 'reaksi kuat yang membuat mereka tidak lagi berselera mengkonsumsi alkohol'.

Vaksin ini akan memberikan reaksi serupa dengan meningkatkan rasa gelisah, pusing serta tachycardia (percepatan detak jantung), demikian dilansir Straits Times, Jumat (7/1/2011).

"Dengan vaksin ini keinginan mengkonsumsi alkohol akan berkurang akibat reaksi-reaksi tersebut," papar Dr. Asenjo.

Vaksin itu sendiri telah diujikan kepada tikus yang bergantung pada alkohol dan berhasil mengurangi tingkat konsumsi mereka hingga separuhnya.

Cara kerja vaksin hampir sama dengan obat-obat yang bisa mengurangi tingkat kecanduan rokok, namun memiliki efisiensi lebih baik karena secara spesifik menargetkan sel-sel ginjal serta menghindari efek negatif pada seluruh sel.

"Idenya adalah untuk mengurangi tingkat konsumsi hingga 90-95 persen pada manusia," pungkas Dr Asenjo. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar