Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

Kampus Perlu Tingkatkan Servis

Kampus Perlu Tingkatkan Servis

Kamis, 6 Januari 2011 - 14:16 wib

Image: corbis.com
SEMARANG – Perguruan tinggi (PT) perlu meningkatkan pelayanan di kampusnya untuk menggaet mahasiswa asing.

Kualitas pelayanan mulai dari promosi, pendaftaran, hingga ke proses belajar mengajar, menjadi sangat penting untuk menarik minat mahasiswa asing belajar di perguruan tinggi tertentu. Pembantu Rektor I Undip Prof. Riwanto mengatakan, untuk menciptakan International Office yang standar, langkah yang mesti dilakukan adalah memerhatikan apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa asing. Mulai dari imigrasi, program studi, perekrutan, transportasi, akomodasi, bahkan makanan dan kebutuhan kesehariannya, serta masih ada beberapa lainnya.

“Menjalin sebuah kerja sama internasional, kita juga mesti jeli. Keuntungan apa yang dapat kita peroleh? Jangan sampai kita hanya dibuat sebagai pengumpul data, tetapi kita mesti tahu akan dibawa ke mana kerja sama yang kita buat,” katanya dalam workshop dengan tema “Improving Student Services and Strengthening International Collaboration through Empowering International Office of Diponegoro University“ di Hotel Seratta, kemarin.

Acara yang digelar oleh Internasional Office Undip Semarang ini diikuti oleh pimpinan Program Studi dan dosen yang ada di lingkungan Undip. Pembantu Rektor Undip IV Muhammad Nur menyampaikan, sebuah universitas dengan kelas dunia memiliki empat kategori, yakni Teaching University, Education University, Research University, dan Entrepreneurial University.
“Saat ini Undip masih dalam tataran Research University. Oleh karena itu, International Office menjadi suatu sarana yang tepat untuk dapat menuju pada tahap ke empat, yaitu Entrepreneurial University,” papar Nur.

Rektor Undip Prof. Soedharto P Hadi menambahkan, workshop ini merupakan media sosialisasi untuk kalangan internal Undip. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi forum untuk merencanakan strategi memperkuat kerja sama international. (susilo himawan/sindo) (rfa) (//rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar