Fish

Senin, 17 Januari 2011

UI Jalin Kerja Sama dengan Daerah & Industri

Marieska Harya Virdhani - Okezone
Jum'at, 14 Januari 2011 - 20:01 wib

Image: corbis.com
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) dan kalangan industri yang berlokasi di wilayah luar pulau Jawa dan Bali. Kerja sama dalam ruang lingkup industri.

Program KSDI (Kerja Sama Daerah dan Industri) membuka kesempatan bagi siapa pun yang berada di luar Pulau Jawa Bali untuk menempuh studi di UI dan pembiayaan pendidikan dilakukan oleh Pemda serta industri.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan satu komponen dalam kerja sama KSDI adalah adanya proses penandatangan kerja sama yang dilakukan secara internal oleh pihak Pemda dan mahasiswa yang diusulkan untuk menempuh studi di UI. Kemudian, kata Vishnu, dilanjutkan melalui kerja sama pembiayaan pendidikan tersebut antara Pemda/Industri dan UI.

”Kerja sama antara Pemda atau industri dengan calon mahasiswa dilakukan untuk memastikan mahasiswa yang bersangkutan ketika selesai menempuh pendidikan di UI akan berkontribusi dalam membangun daerahnya maupun industri yang menjadi mitra kerja sama,” katanya dalam rilis kepada okezone, Jumat (14/1/2011).

Vishnu mengakui, program tersebut masih memiliki berbagai kendala seperti adanya kegagalan pembayaran biaya pendidikan oleh mitra UI, minimum indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang tidak sesuai dan permasalahan lain yang berada di luar otoritas UI. Hal itu berdampak pada beberapa mahasiswa program KSDI yang harus putus kuliah karena adanya permasalahan tersebut.

”Salah satu kasus yang menjadi perhatian saat ini adalah kasus David Wilkinson, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UI, yang terancam putus kuliah karena diduga tersendatnya pembayaran biaya pendidikan oleh Pemda Bengkulu. Saat ini, pihak UI tengah berupaya dengan menjadi mediator agar terdapat penyelesaian persoalan pembiayaan pendidikan kuliah antara David Wilkinson dengan pihak Pemda Bengkulu,” jelasnya.

Pada 2009, UI menerima mahasiswa KSDI sebanyak 151 orang. Pada 2010 dengan berbagai pengetatan prosedur penerimaan, UI hanya menerima 51 mahasiswa KSDI. Hingga saat ini melalui program tersebut UI telah melakukan kerja sama dengan 49 pemerintah daerah dan 10 industri. (rfa)(rhs)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini