Powered By Blogger

Senin, 17 Januari 2011

USU-UMA-Penang Garap MoU Pemikiran Islam

Adela Eka Putra Marza - Okezone
Sabtu, 15 Januari 2011 - 13:38 wib

Logo Universitas Sumatera Utara (USU)
MEDAN - Pusat Studi Pembangunan Politik Islam (CISDEV) Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Sumatera Utara bersama Pascasarjana Universitas Medan Area (UMA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pusat Pembangunan Berteraskan Islam (ISDEV) Universiti Sains Malaysia (USM).

"MoU dengan universitas terbesar di Malaysia itu merupakan bentuk keseriusan kita dalam mengembangkan sebuah kerja sama di tingkat internasional, khususnya penyebaran pemikiran pembangunan Islam," kata Warjio dari CISDEV Departemen Ilmu Politik FISIP USU di Kampus USU Medan, Sabtu (15/1/2011).

Penandatanganan MoU itu dilakukan di Kampus USM Penang, Malaysia, beberapa waktu lalu, oleh Warjio dari CISDEV FISIP USU, Direktur Pascasarjana UMA Heri Kusmanto, Prof Muhammad Syukri Salleh dari dari ISDEV USM. Momen ini sendiri merupakan momen sejarah bagi ketiga institusi tersebut, dalam pengembangan diri tentang kajian pembangunan Islam.

MoU ini dilakukan juga sebagai upaya strategis untuk membangun kerja sama dalam meningkatkan kesepahaman, peningkatan kualitas pemikiran dan aktivitas pembangunan Islam yang bisa dilakukan oleh ketiga institusi.

Penyebaran pemikiran tersebut akan dituangkan dalam bentuk jurnal bernama Journal of Islamic Development Politics, yang mereka terbitkan bersama. Melalui jurnal ini, hasil-hasil penelitian mengenai politik pembangunan Islam dapat dijadikan sumber rujukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Selain kerja sama institusi dan pengembangan ilmu, khususnya bagi intelektual dan masyarakat secara luas, melalui kerja sama ini juga akan semakin mengeratkan hubungan antara kedua negara, yakni Indonesia dan Malaysia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ISDEV USM terhadap CISDEV FISIP USU dan Pascasarjana UMA. Dengan ini, kita terus berkomitmen dalam memajukan pendidikan tinggi Sumut dan Indonesia di tingkat internasional," tambah Warjio yang juga merupakan dosen Ilmu Politik FISIP USU itu.

Sementara itu, acara ini juga digelar bersamaan dengan seminar internasional tentang transformasi zakat yang dianjurkan ISDEV USM, dan diikuti peserta dari berbagai negara diantaranya Pakistan, Kenya, Banglades, Malaysia dan Indonesia. ISDEV USM sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat kajian yang berwibawa dan fokus pada manajemen pembangunan berteraskan Islam di Malaysia.(ahm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar