Powered By Blogger

Jumat, 31 Desember 2010

OPINI Kita Tetap Juara

OPINI

Kita Tetap Juara

Jum'at, 31 Desember 2010 - 10:58 wib

Foto: dok. pribadi
PERRTANDINGAN final piala AFF telah berakhir. Dengan berakhirnya pertandingan tersebut, berakhir sudah kejuaraan sepak bola antarnegara Asean yang diselenggarakan tiap dua tahun itu.

Pada pertandingan final kedua yang berlangsung di Jakarta, Indonesia berhasil menang atas Malaysia dengan skor 2-1.  Tetapi hasil tersebut tidak dapat mengantarkan Timnas Indonesia merebut Juara Piala Aff 2010. Karena pada partai final leg pertama, timnas Indonesia dibekuk Malaysia 3-0 di Stadiun Bukit Jalil.

Kegagalan timnas Indonesia di partai Final piala Aff adalah yang keempat kalinya setelah pada mendapat kesempatan yang sama pada 2002, 2004 dan 2006. Sebenarnya timnas Indonesia bermain bagus dalam pertandingan final leg kedua di Gelora Bung Karno (GBK) Rabu malam. Timnas Indonesia bermain ofensif sejak awal babak pertama dan terus-terusan menggempur pertahanan Malaysia. Banyak peluang didapatkan untuk mencetak gol ke gawang Malaysia tetapi penyelesaian yang kurang sempurna dan cemerlangnya penjaga gawang Malaysia menggagalkan semua peluang timnas Indonesia, termasuk hadiah tendangan penalti.

Memasuki babak kedua Timnas Indonesia masih dengan pola menyerang. Di saat asyik menyerang, pemain belakang timnas melakukan kesalahan fatal dengan memberikan bola kepada pemain lawan, alih-alih mencetak gol, gawang Indonesia Justru kebobolan di menit 60.

Beban semakin berat di pundak para punggawa timnas Indonesia, karena butuh lima gol lagi untuk menjadi juara pada turnamen kali ini. Meski semakin berat, peluang Indonesia meraih gelar pada piala AFF 2010, punggawa Timnas tetap bermain pantang menyerah, mereka dengan semangat juang yang tinggi tetap tegak berdiri dan menggempur pertahanan Malaysia habis-habisan dengan berhasil mencetak dua gol balasan. Skor pertandingan pun berakhir dengan kemenangan timnas Indonesia 2-1.

Pertandingan memang telah selesai dan tropi piala Aff memang belum di tangan kita. Tetapi runner up adalah pencapaian tertinggi Indonesia pada Piala Aff 2010. Sebagai masyarakat, kita wajib memberikan standing applause terhadap perjuangan timnas Indonesia yang berjuang keras selama turnamen berlangsung. Perjuangan yang hebat telah ditunjukkan oleh timnas kita dengan rekor yang cukup bagus. Dari tujuh pertandingan yang dilakoni termasuk final, timnas Indonesia hanya kalah sekali. Sebuah angka statistik yang cukup menjanjikan bagi timnas Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih baik di waktu yang akan datang.

Bagi kita, momentum ini adalah sebuah simbol keberhasilan Timnas dan masyarakat Indonesia. Timnas Indonesia telah kembali meraih tempat di hati masyarakat Indonesia. Kita bisa melihat antusiasme masyarakat dengan semangat loyalitas dan nasionalismenya mampu mengobarkan perjuangan para punggawa Timnas untuk tetap berjuang sampai akhir.

Masyarakat tiada hentinya memberikan dukungan lebih kepada Timnas dengan segala variasinya. Nilai-nilai kecintaan pun tumbuh di kalangan masyarakat Indonesia dengan hadirnya Timnas Indonesia yang baru ini, egoisme kedaerahan yang selama ini sering muncul di liga lokal terkikis dengan semangat satu yakni Just For Indonesia.

"Indonesia! Indonesia! Indonesia!" berkumandang di seluruh pelosok kampung negeri ini selama piala AFF 2010 digelar. Tidak hanya itu, semangat dan kesadaran sportivitas pun menjadi salah satu simbol keberhasilan masyarakat Indonesia.

Spektakuler. Bisa dibilang begitu. Mereka yang hadir langsung di stadion utama GBK menunjukkan sikap yang santun dan arif dalam menyaksikan laga final yang notabene penuh tekanan. Mereka tetap menggunakan cara-cara mendukung Timnas dengan santun, tidak melakukan hal-hal kotor seperti yang dilakukan sebelumnya oleh pendukung Timnas Malaysia dengan menggunakan sorotan sinar laser.

Kerusuhan yang diprediksikan oleh banyak pihak jika Timnas Indonesia gagal juara pun tidak terbukti adanya. Meskipun gagal, para suporter berjalan keluar dengan sikap yang lapang dan tidak berbuat anarkis. Tampaknya kedewasaan masyarakat kita sebagai pecinta sepakbola berkembang pesat pada turnamen piala AFF 2010 ini. Luar biasa jika kita boleh mengatakannya.

Semoga semangat masyarakat Indonesia dalam mendukung Timnas dengan loyalitas dan nasionalismenya tetap menjadi karakter bangsa serta tetap menjunjung tinggi sportivitas dan kedewasaan mental.

Selamet RiyadiMahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Muria Kudus
Koordinator Humas Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Jateng 2010-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar