Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

Cermin dan Harapan Indonesia Tahun 2011

SUARAMAHASISWA

Cermin dan Harapan Indonesia Tahun 2011

Kamis, 6 Januari 2011 - 16:03 wib

Foto: dok. pribadi
SELAMA tahun 2010 telah terjadi berbagai macam bencana kemanusiaan, tindak korupsi dan kontroversi dalam pemerintahan Indonesia. Bisa dibilang Indonesia seperti perahu layar yang kehilangan gairah untuk bergerak akibat compang campingnya layar dan perubahan arah mata angin. Tidak dapat dipungkiri hal ini memicu pergerakan suatu kapal menjadi semakin lemah. Kondisi tercermin dari rendahnya indeks pengembangan sumber daya manusia bangsa Indonesia dibanding dengan negara lain di Asia Tenggara (Malaysia, Singapura, Thailand dan Singapura). Indonesia menempati urutan juru kunci. Sebuah tamparan telak bagi bangsa Indonesia yang pernah menjadi Macan Asia pada 1980.

Semoga Indonesia dapat mengukir prestasi di tahun 2011 sehingga mampu mengejar defisit ketertinggalan sektor-sektor penting seperti ekonomi, teknologi, dan pendidikan. Semoga Macan Asia yang sudah terlalu lama terdiam ini semakin cepat bangun. Sektor pendidikan di Indonesia hingga kini masih amburadul. Dapat juga dikatakan sebagai sistem dengan pengimplementasian try and error. Sejauh ini belum ada langkah konkret dari pemerintah untuk mengambil sistem pendidikan yang menjadi pedoman atau poros acuan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Dalam sektor ekonomi, Indonesia harus segera melakukan langkah strategis dengan memberdayakan seluruh sektor potensial untuk mendongkrak pendapatan negara Indonesia. Diversivikasi pendapatan pemerintah melalui sektor-sektor strategis seperti pertanian, peternakan, budidaya hasil laut, dan budi daya hasil hutan harus segera dilakukan. Tidak dapat dipungkiri sejauh ini pendapatan Indonesia masih didominasi dari hasil pertambangan.

Pada era sekarang ini bukan rahasia umum jika bangsa yang berhasil menguasai teknologi akan mampu menggenggam dunia. Teknologi mencerminkan tingginya peradaban suatu bangsa. Jadi kasta suatu bangsa ditentukan pada sejauh mana penguasaan teknologi yang sedang berkembang pada saat masanya.

Garudaku segeralah engkau kepakkan sayapmu sepenuh kekuatanmu melalui perbaikan bidang teknologi, pendidikan, dan ekonomi. Tunjukkanlah bahwa Indonesia menjadi Macan Asia bukan hanya sekedar dalam cerita. Bangunlah, Jayalah, Bangsaku, tumpah darahku......Indonesia.

Ahmad Hadi Mubarok
Mahasiswa Teknik Industri ITS Surabaya
Kepala Biro DIKESMA HMTI Silver In Harmony

Tidak ada komentar:

Posting Komentar