Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

Indonesia-AS Teruskan Kerjasama Penelitian Laut

Techno - Science


Indonesia-AS Teruskan Kerjasama Penelitian Laut

Jum'at, 7 Januari 2011 - 13:42 wib
<!--div class="ts fr"> text TEXT SIZE :  
Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone
Foto: dok Okezone
JAKARTA - Setelah melakukan kerjasama dengan AS untuk penelitian laut tahun 2010, pemerintah akan kembali melanjutkan kerjasama ini.

Pada akhir bulan Juni 2010, kapal riset Baruna Jaya yang dikelola oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan ekspedisi dasar laut di perairan Lifamatola dan Pulau Seram. Riset ini bekerjasama dengan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), agensi pemerintah AS untuk penelitian laut dan atmosfir. Sementara untuk kerjasama penelitian ini, pemerintah AS menggunakan kapal NOAA Okeanos Explorer.

"Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut yang paling kaya di dunia. Kami pihak AS sangat antusias akan kerjasama ini," ujar Scot Marciel, Duta Besar AS untuk Indonesia, di acara 'Live from the Seafloor: A Dynamic Look at the USA-Indonesia Science & Technology Partnership' di @America, Pacific Place, Jakarta, Jumat (7/1/2011).

Dino Patti Djalal, Duta Besar Indonesia untuk AS, juga mengatakan bahwa kerjasama sains ini sangat penting mengingat Indonesia memiliki kekayaan laut melimpah yang masih belum tereksplorasi dengan baik.

"Saya mengharapkan lebih banyak lagi ekspedisi sains dilakukan oleh kedua negara," ujar Dino Patti, melalui video-conference antara Washington dengan Jakarta.

Lalu Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mengatakan bahwa dengan kerjasama ini kita harus menyerap lebih banyak pengetahuan dari pihak AS karena Indonesia adalah negara kelautan.

"Tahun 2011 ini kita akan melakukan kerjasama penelitian laut secara besar-besaran dengan AS," tambah Fadel Muhammad.
(srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar