Powered By Blogger

Senin, 03 Januari 2011

Suara Mahasiswa

Indonesia Sudah Jauh Lebih Baik

Senin, 3 Januari 2011 - 12:08 wib

Image: corbis.com
INDONESIA sekarang ini terlihat jauh lebih baik, walaupun masih banyak persoalan yang harus dihadapi. Kedewasaan dalam bertindak menjadikan Indonesia sebagai negara yang penuh dengan perjuangan. Refleksi tahun 2010 menjadi bahan evaluasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembelajaran yang sangat berharga di akhir tahun tentang arti sebuah kemenangan dan kekalahan menutup tahun yang penuh dengan suka duka kehidupan. Piala AFF kini sudah berakhir namun eforianya masih terasa sampai sekarang meski tahun telah berganti.

Perkembangan yang terjadi dalam wajah persepakbolaan kita membuat timnas Indonesia menyihir seluruh rakyat di Indonesia. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil darinya tentang arti sebuah perjuangan dan sportivitas. Timnas menyuguhkan sebuah perjuangan yang tidak kenal menyerah sampai–sampai kesedihan tentang kehilangan menjadi tertutupi sejenak. Kesedihan akibat bencana alam yang menimpa negara ini menjadi sedikit terkesampingkan karena eforia kebersamaan dalam sepakbola. Walaupun piala AFF tidak kita raih, timnas sudah membuktikan bahwa persepakbolaan Indonesia sekarang sedang berkembang layaknya Sang Garuda yang terbang tinggi sampai ke langit.

Suasana kebersamaan inilah yang seharusnya selalu kita tanamkan kepada diri kita, selain rasa empati kita terhadap sesama dalam menyongsong tahun baru yang nanti akan terlewati begitu saja jika kita tidak merencanakannnya dengan matang. Evaluasi untuk negara ini sangat banyak yang harus kita selesaikan, tetapi di balik segala kemelut yang terjadi dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan bidang lainnya, kini Indonesia sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita sebagai bangsa yang besar harus bisa selalu menebarkan ion–ion positif dalam berfikir dan bertindak sehingga hari–hari yang dilewati di tahun baru akan terasa mudah dan indah penuh makna.

Pemerintah sebagai garda terdepan dalam memajukan negeri Indonesia ini harus bisa cepat dalam berbuat perbaikan dan lebih peka lagi dengan segala kesempatan yang ada. Posisi Indonesia di mata dunia kini sedikit lebih baik karena persepakbolaan, tetapi kita memiliki citra baru lain yang harus sama–sama kita tanggapi, yaitu negara bencana. Bencana–bencana yang terjadi setahun belakangan ini menunjukkan bahwa Indonesia perlu perhatian khusus dalam tanggap bencana. Ini adalah tugas kita bersama untuk mencari solusi yang tepat, dan kita harus bisa mengedepankan rasa empati kita untuk saling menolong.

Fuad
Teknologi Industri Pertanian
Institut Pertanian Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar